Newsletter subscribe

Teknologi

Aplikasi Pilkada Diterapkan oleh KPU Bogor

Posted: April 9, 2018 at 12:54 pm   /   by   /   comments (0)

BOGOR – HPemanfaatn teknologi informasi dalam proses pemilihan umum saat ini tengah menjadi tren, diiringi pesatnya pertumbuhan bisnis pengembangan aplikasi gawai yang berbasis web, android maupun ios. Salah satunya adalah hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilik suara dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018 di Jawa Barat bisa diakses melalui aplikasi seluler. Yakni, aplikasi Sistem Pencocokan dan Penelitian (Sicoklit) dan Sistem Informasi Terpadu dan Geographic Information System (Sitagis).

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Bogor Undang Suryatna, aplikasi tersebut bermanfaat bagi masyarakat maupun KPU. “Kita harap dengan Sicoklit ini bisa menyesuaikan kalau ada ketidaksesuaian data sebelum masuk ke Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih),” katanya, Senin (29/1) seperti yang dilansir oleh Pikiran Rakyat.

Aplikasi tersebut kata Undang, merupakan inovasi KPU Provinsi Jawa untuk membantu proses Coklit di tingkat daerah. Ia mengakui aplikasi tersebut hasil kerjasama KPU dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bagi masyarakat, Undang mengatakan, aplikasi tersebut bermanfaat salah satunya untuk menunjukkan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ia menjelaskan, lokasi TPS akan ditunjukkan lewat peta digital sesuai data pemilih.

Undang mengakui inovasi tersebut baru pertama kali digunakan dalam Pilkada. Sebelumnya, petugas KPU hanya memberikan informasi lokasi TPS melalui papan pengumuman yang ditempelkan di lokasi-lokasi tertentu. Saat ini, masyarakat bisa mengetahui lokasi tersebut secara akurat melalui aplikasi tersebut.

Selain menampilkan lokasi TPS, aplikasi berbasis android itu menurut Undang, juga menyediakan berbagai informasi lainnya berkaitan dengan Pilkada masing-masing. Masyarakat yang ingin menggunakannya harus mendaftarkan identitas dalam aplikasi seperti halnya media sosial.

Selain memanfaatkan teknologi, KPU juga masih melakukan sosialisasi secara manual kepada masyarakat. Sosialisasi mengenai lokasi TPS dan lainnya dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan coklit ke rumah-rumah pemilih.

“Setelah proses Coklit selesai, masyarakat diharapkan datang ke kantor KPU untuk mencocokkan nomor induk kependudukan di data KPU,” kata Undang. Untuk mendukung penggunaan aplikasi tersebut, KPU setempat melakukan bimbingan teknis kepada para petugas 29-30 Januari 2018.

Sumber : Aplikasi Sicoklit dan Sitagis Bantu Pencoblosan

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website