Newsletter subscribe

Desain

Belajar Dari “O”, Pesan Yang Kuat Mewakili Obama

Posted: March 5, 2018 at 4:03 am   /   by   /   comments (0)

Nomor urut partai politik telah diambil dan disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu (18/2) lalu.

Sejumlah Ketua Umum Partai, tokoh sentral dan penggerak partai politik pun turut hadir dalam acara tersebut. Megawati Soekarno Putri, Harry Tanoe Soedibjo, Hutomo Mandala Putra, Agus Harimurti Yudhoyono dan tokoh lainnya menjadi sorotan media massa yang meliput dan memberitakan acara tersebut.

Suasana pengambilan nomor urut partai politik untuk masa kampanye 2019 di gedung KPU, Jakarta Pusat (foto: Kompas.com)

Acara tersebut menjadi lonceng dimulainya pertarungan politik, baik dari struktur organisasi tingkat pusat hingga akar rumput.

Semua komponen organisasi partai tentunya berusaha untuk merebut simpati masyarakat luas, partai telah masuk parlemen berusaha kembali memperkuat basis, dan partai – partai baru tentunya dengan usaha yang keras dan tepat akang menggerus suara partai – partai parlemen.

Dalam kampanye, baik sosialisasi partai maupun calon legislatif, tentunya diperlukan strategi mumpuni yang mencuri perhatian khalayak.

Bisa kita kilas balik, bagaimana Barrack Obama mampu melaju hingga berkantor di Gedung Putih pada tahun 2008.

 

“O”

Sederhana, bagaimana logo “O” menjadi representasi tentang visi, misi, karakter dan sebuah harapan baru.

Logo “O” karya Sender LLC sebagai materi kampanye Presiden Amerika, Barrack Obama 2008 (Foto: fastcodesign)

Di akhir tahun 2006, studio animasi dari Chicago menarik desainer grafis Sol Sender. Dalam sesi wawancara yang dilansir oleh Chicago Business, Sender menegaskan bahwa “O” merupakan pengembangan desain sangat terinspirasi oleh pesan kandidat.

“ Kami Melihat “O” merupakan perwakilan dari sebuah nama yang menjelma menjadi matahari terbit dan timbulnya harapan baru,” ujar desainer yang juga memiliki bendera Sender LLC.

Ketika kami menerima tugas tersebut, kami segera membaca kedua buku Senator Obama. Kami dikejutkan oleh gagasan harapan, perubahan dan perspektif baru tentang negara merah dan biru (bukan negara merah dan biru, tapi satu negara). Ada juga perasaan yang kuat, sejak awal, bahwa kampanyenya mewakili sesuatu yang sama sekali baru dalam politik Amerika – “sebuah hari baru,” jadi untuk berbicara

 

“O” adalah Gagasan Berkelanjutan

Materi kampanye Obama yang konstruktif (Foto: fontsinuse)

Sender menerangkan saat New York Times mewawancarai lebih mendalam. “ Ketika kami menerima tugas tersebut, kami segera membaca kedua buku Senator Obama.” Ujar Sender lugas.

“ Kami dikejutkan oleh gagasan harapan, perubahan dan perspektif baru tentang negara merah dan biru (bukan negara merah dan biru, tapi satu negara). Ada juga perasaan yang kuat, sejak awal, bahwa kampanyenya mewakili sesuatu yang sama sekali baru dalam politik Amerika – “sebuah hari baru,” tegas Sender yang tentunya membuat siapapun untuk fokus terhadap atribut kampanye yang terarah dan representatif.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website