Newsletter subscribe

Ekspose

Kunjungi Papua, HMP Temui Warga Transmigran

Posted: March 8, 2019 at 8:09 am   /   by   /   comments (0)

Seperti kita ketahui bersama, Ketua Umum Partai Berkarya beberapa waktu lalu mengunjungi Papua. Kedatangan Hutomo Mandala Putra di Bumi Cenderawasih tersebut pun disambut hangat oleh masyarakat setempat, baik masyarakat lokal maupun masyarakat transmigrasi yang telah lama menetap di Merauke.

Momen tersebut tidak dilewatkan oleh komunitas masyarakat transmigrasi yang mengikuti program pemerataan penduduk tersebut pada era kepemimpinan hM. Soeharto.

“ Kami merasa perlu untuk bertemu dengan pak Tommy (Hutomo Mandala Putra) untuk menyampaikan uneg-uneg kami, seperti yang dahulu kerap dilakukan pak Harto saat terjun ke masyarakat,” ujar Hadi yang mewakili forum masyarakat transmigrasi Jawa, Madura dan Sunda seperti dilansir oleh lintassumsel.com

Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut menjadi ajang untuk berdiskusi, menyampaikan keinginan dan harapan kepada putra dari HM. Soeharto tersebut.

“Sosok Pak Harto bagi warga transmigrasi khususnya di Marauke ini memiliki kesan tersendiri, karena berkat jasa Pak Harto melalui program transmigrasi, kini kami bisa hidup mandiri dan memiliki lahan sendiri,” tambah Hadi.

“Dulu, saat mengikuti program transmigrasi kami merasa sangat diperhatikan, selain diberi berbagai macam peralatan pertanian, juga diberikan areal lahan garapan pertanian langsung dengan sertifikat kepemilikannya, sehingga wajar jika kami merasa ada ikatan emosional yang kuat dengan putra beliau,” ujar Hadi menambahkan.

Setelah bertemu dengan perwakilan masyarakat transmigrasi, Hutomo Mandala Putra dijadwalkan juga mengunjungi peternakan terpadu dan berdialog dengan masyarakat di Jayapura.

Pada era kepemimpinan HM. Soeharto, program transmigrasi ini berlandaskan pada Undang – Undang No. 3 Tahun 1972 tentang Ketentuan – Ketentuan Pokok Transmigrasi.yang berlaku pada 28 Juli 1972.

Atas dasar tersebut, Hm. Soeharto menggenjot upaya tersebut, hingga pada 1984, sudah ada kurang lebih 2,5 juta penduduk menjadi transmigran. Lampung adalah salah satu provinsi tujuan utama transmigrasi. Data sensus menunjukkan, pada 2010 ada 15,5 juta transmigran di Sumatera dengan 5,7 juta diantaranay ada di Lampung. Sekitar 2,6 juta trasmigran ada di Kalimantan, dan sekitar 1 juta di Papua.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website